Senin, 08 April 2013

Dahlan Iskan: Keputusan Monorel Adhi Karya di Jokowi


Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan akan menyerahkan seluruhnya keputusan terlaksananya transportasi massal berbasis rel, monorel proyek konsorsium BUMN Adhi Karya kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Monorel yang dijalankan oleh Adhi Karya itu akan membuat rute di luar green line dan blue line yang akan dilaksanakan konsorsium lama, PT Jakarta Monorail.

"Semua laporan sudah lengkap, tinggal terserah Pak Gubernur. Keputusannya ada di Pak Gubernur, karena yang menggunakan kan Pak Gubernur," kata Dahlan, saat ditemui wartawan, Minggu (7/4/2013) malam.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan menyerahkan keputusan berjalannya monorel PT Adhi Karya kepada Kementerian Perhubungan karena jalurnya berada dari luar Jakarta, yaitu Bekasi. Untuk diketahui, selain PT Adhi Karya, Ortus Holdings Ltd juga bersepakat akan bekerja sama membangun monorel di luar jalur yang ditentukan PT Jakarta Monorail. Kesepakatan awal ini tercapai setelah kedua pemilik perusahaan itu bertemu, dan pada Kamis (28/3/2013) lalu menghadap Gubernur DKI Jokowi.

Kerja sama Adhi Karya bersama Ortus Holdings Ltd itu dipercaya akan mempercepat impian Jakarta memiliki transportasi modern dan bebas kemacetan. Karena nantinya ada perusahaan baru turunan dari Adhi Karya dan Ortus yang menggarap jalur-jalur monorel di Jakarta dan luar Jakarta, di luar jalur blue line dan green line.

Adhi Karya merupakan gabungan beberapa BUMN menolak untuk bergabung dengan PT Jakarta Monorail yang merupakan investor swasta. Konsorsium Adhi Karya merupakan konsorsium baru yang terdiri antara lain PT Adhi Karya, PT Telkom, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Jasa Marga, PT INKA, dan PT Lembaga Elektronika Negara (LEN).

Sekadar informasi, pembangunan monorel di jalur blue line dan green line saat ini telah dipercayakan pada PT Jakarta Monorel, di mana Ortus Holdings juga memiliki 90 persen saham di dalamnya. Jalur blue line dan membentang sepanjang 30 kilometer, sedangkan jalur green line sepanjang 14,5 kilometer.

Jalur blue line, mulai dari Kampung Melayu - Kuningan - Casablanca - Tanah Abang - Roxy - Taman Anggrek dengan extention ke timur dari Pondok Kelapa - Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah. Sedangkan jalur green line, mulai dari Kuningan - Kuningan Sentral - Gatot Subroto - Asia Afrika - Pejompongan - Karet - Dukuh Atas - kembali ke Kuningan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar