Kamis, 11 April 2013

Bekasi Segera Bangun Busway


Pemkot Bekasi segera membangun busway jurusan Bekasi–Pulogadung di Jalan Sultan Agung, Harapan Indah, Medan Satria, Kota Bekasi. Pembangunan busway ini setelah ada kesepakatan antara Pemprov DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Barat.

Jalur khusus bus Transjakarta ini dibangun mulai Jalan Sultan Agung, tepatnya dari gerbang Kota Harapan Indah hingga perbatasan Bekasi–Jakarta. ”Panjang jalurnya sebanyak 800 meter,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi Sopandi Budiman kemarin. Untuk merealisasikan itu, Pemkot Bekasi mengucurkan anggaran dari APBD 2013 sebesar Rp5 miliar untuk pembebasan 800 meter jalan tersebut.

”Sementara Pemprov Jawa Barat akan mengucurkan Rp5 miliar dan Bappenas Rp6 miliar,” lanjutnya. Menurut Sopandi, anggaran yang dikucurkan dari APBD 2013 itu hanya untuk wilayah Bekasi. Sementara perbatasan Bekasi hingga Pulogadung ditanggung DKI Jakarta. Selama ini angkutan perbatasan terintegrasi busway (APTB) milik DKI Jakarta dari Bekasisepipeminatkarenatetap terjebak macet.

Sopandi mengakui pengembang Kota Harapan Indah sudah menyanggupi membangun empat halte Transjakarta mulai Harapan Indah di Jalan Sultan Agung hingga perbatasan Bekasi-Jakarta Timur. Empat halte tersebut dilengkapi fasilitas park and ride. Fasilitas ini untuk memudahkan calon penumpang memarkir kendaraan di dekat halte. Dengan demikian, kemacetan yang diakibatkan kendaraan pribadi dari Bekasi bisa ditekan.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyepakati pembangunan busway rute Bekasi– Jakarta tahun ini. Kesepakatan itu dibuat untuk mengurai kemacetan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Selain di Bekasi, juga disepakati pembangunan busway Jakarta–Depok dan Jakarta– Bogor. Namun, dua rute ini menunggu Jakarta–Bekasi terealisasi.

Wali Kota Bekasi Rachmat Effendi menambahkan, busway bisa menekan kemacetan di Bekasi dan DKI Jakarta sebab kendaraan dari Bekasi yang masuk ke DKI Jakarta sebanyak 51%. Rachmat berharap, realisasi pembangunan bisa dilakukan bulan depan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar