Rabu, 16 April 2014

Tahun Ini, DKI Bangun 6 Terminal

Tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun dan merenovasi total enam terminal Ibu Kota. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar mengatakan, pembangunan Terminal Manggarai merupakan role model untuk pembangunan terminal lainnya.

"Ada enam terminal, empat di antaranya pembangunan terminal baru di Muara Angke, Klender, Rawamangun, Pinangranti. Sementara dua lainnya renovasi total di terminal antarkota, Terminal Kalideres dan Kampung Rambutan," kata Akbar, di Terminal Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (16/4/2014).

Akbar mengatakan, seluruh terminal itu akan direnovasi seperti layaknya Terminal Manggarai. Terminal ini akan dilengkapi fasilitas eskalator serta terintegrasi dengan moda transportasi massal lainnya, lengkap dengan foodcourt, ATM, mushala, dan lainnya.

Selain itu, Pemprov akan menghapus citra terminal yang terpatri di benak warga, seperti banyak preman maupun pedagang kaki lima (PKL). Untuk membangun terminal itu, lanjut dia, Pemprov menganggarkan sekitar Rp 12,5 miliar. Semua proyek itu akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI 2014.

"Sudah DED (detail engineering design) semuanya, tinggal dibangun saja terminalnya. Nantinya seluruh terminal akan dibangun ulang," kata Akbar.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, Terminal Manggarai akan terintegrasi dengan beberapa moda transportasi massal lainnya, seperti kereta api. Ia berharap upaya Pemprov DKI untuk menghilangkan citra buruk terminal dapat dapat dihargai oleh warga. Satu hal yang sulit, lanjut dia, adalah mengubah perilaku masyarakat.

"Perilaku mereka untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencegat bus di sembarang tempat, itu harus diubah semua karena stereotype orang-orang ke terminal itu sama," kata Jokowi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar