Senin, 03 Maret 2014

Terminal Manggarai Terintegrasi TransJakarta Diujicoba Hari Ini

Di sana juga dibangun jembatan yang langsung ke Stasiun Manggarai.

Terminal Manggarai, Jakarta Selatan mulai diujicoba hari ini, Senin, 3 Maret 2014. Teminal yang baru dibangun bergaya kolonial itu terintegrasi dengan halte TransJakarta. Di sana juga dibangun jembatan penyeberangan orang (JPO) menuju Stasiusn Kereta Manggarai.

Kepala Terminal Manggarai, Mohamad Hodir, mengatakan uji coba ini untuk melatih para sopir Kopaja, Metro Mini, dan Mikrolet agar terbiasa menggunakan empat jalur yang disediakan. Selama ini baru Terminal Blok M saja yang sudah menggunakan empat jalur.

"Hari ini baru uji coba. Tujuannya supaya membiasakan para sopir menggunakan jalur ini. Kemudian melatih para calon penumpang cara naik dan turun dari bus angkutan umum di jalur. Jadi selain untuk melatih bisa semacam simulasi," kata Hodir saat ditemui VIVAnews di Terminal Manggarai.

Selain itu, uji coba ini juga merupakan bentuk sosialisasi kepada para penumpang dan para penyeberang jalan supaya tidak melintas sembarangan.

"Jadi kalau ada penumpang dari seberang timur disiapkan penyeberangannya. Jadi kami sosialisasikan dari sekarang," katanya.

Menurut Hodir, salah satu keunggulan Stasiun Manggarai adalah eskalator penghubung dari terowongan Manggarai, terminal dan langsung terintegrasi dengan halte bus TransJakarta.

Stasiun Manggarai terdiri dari empat lantai. Lantai satu merupakan aula, kemudian lantai dua food court dan musala. Di lantai tiga tersedia ATM centre dan mini market. Dan di lantai empat ada ruang pemantauan.

"Tetapi semuanya belum dijalankan karena belum ada serah terima dari pihak kontraktor kepada pihak kami (Dishub DKI)," ucapnya.

Ada delapan rute angkutan umum yang melintas di Terminal Manggarai, yaitu Metro Mini P62 jurusan Manggarai-Pasar Minggu, Metro Mini P 49 Pulogadung-Manggarai, Metro Mini P 17 rute Manggarai-Senen, Metro Mini P 61 rute Manggarai-Kampung Melayu, Kopaja 66 rute Manggarai-Blok M, Mikrolet M 23 rute Manggarai-Setia Budi.

"Kemudian nanti ada lagi, Kopaja 620 rute Manggarai-Blok M, tapi itu rutenya beda, angkutan itu tidak lewat Kuningan. Tapi belum dimasukkan ke sini," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Akbar, menambahkan, di terminal Manggarai ke depannya akan dibangun jembatan penghubung yang langsung menuju bagian belakang Stasiun Manggarai. Namun untuk merealisasikan  itu harus dibicarakan lebih dulu dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Ini sekarang kami terus berkoordinasi dengan PT KAI untuk pembangunan jembatan penghubung dari terminal ke stasiun itu," ujar Akbar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar