Minggu, 19 Mei 2013

Pemerintah Kaji Bus Tingkat Wisata Masuk Jalur Transjakarta


Rencana operasional bus tingkat wisata terus dimatangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta. Disparbud tengah menyiapkan lelang untuk lima unit bus tingkat agar menjadi ikon baru pariwisata di DKI Jakarta.

Arie Budhiman, Kepala Disparbud DKI Jakarta, mengatakan sektor pariwisata harus menjadi andalan DKI Jakarta sebagai kota jasa. Selama ini, program pariwisata seperti tur kota di Jakarta baru diadakan sesuai pesanan. Nantinya, akan ada program-program yang diadakan secara tetap.

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2013, anggaran pengadaan lima bus ini mencapai Rp 17 miliar. Konsep bus ini akan berkeliling ke sejumlah tempat wisata, sekaligus tempat-tempat yang menggelar acara secara rutin.

“Pak Gubernur Jokowi memiliki keinginan agar Jakarta dikunjungi hingga 5 juta wisatawan, saat ini baru sekitar 2,1 juta orang per tahun, saya optimistis bisa tercapai dalam tiga sampai lima tahun mendatang,” jelasnya.

Konsep bus ini, rencananya akan dibuat semacam Double Decker atau bus tingkat merah seperti di Kota London, Inggris. Nantinya, bus akan membawa para wisatawan, dan direncanakan mendapatkan perlakuan khusus, antara lain boleh berjalan di jalur Transjakarta.

“Rutenya nanti kita bicarakan bersama Asosiasi pengusaha pariwisata, kita ingin Jakarta yang diklaim menjadi kota pariwisata punya produk pariwisata yang baik, diiringi oleh promosi yang juga maksimal,” tuturnya.

Editor: sanusi
Sumber: Warta Kota

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar