Kamis, 18 April 2013

DKI Akan Terapkan e-Ticketing Bulanan Transjakarta


Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menarik pengguna kendaraan pribadi agar beralih menggunakan bus Transjakarta. Ya, Pemprov DKI berencana akan menerapkan e-Ticketing bulanan untuk bus Transjakarta.

"Pengguna jasa bus Transjakarta dapat membeli kartu e-ticketing dengan bulanan lebih murah dibandingkan membayar tarif harian. Tarif per satu kali perjalanan juga akan dinaikkan," kata Wakil Gubernur DKI, Basuki T Purnama kepada wartawan di Balaikota, Rabu (17/4).

Untuk itu, kata Basuki, Pemprov DKI segera memanggil lima bank yang telah menjalin kerja sama dalam penerapan e-ticketing pada bus Transjakarta.

"Kita minta kelima bank meningkatkan kerja sama penggunaan kartu e-ticketing yang tidak lagi dihitung per satu kali perjalanan, melainkan digunakan sebagai kartu langganan bulanan seperti yang diterapkan kepada penumpang PT KAI dahulu," ujarnya.

Namun Basuki mengaku rencana tersebut masih dalam tahap kajian secara mendalam. “Yang pasti kita mau memaksa orang menggunakan kartu e-ticketing bulanan. Kalau sudah beli bulanan, terus harga tiket per satu trip tidak dinaikkan kan dia rugi. Bulanan harus murah dari per satu trip,” ungkapnya.

Ia mengatakan, langkah yang diambil oleh Pemprov DKI seiiring rencana kenaikan harga bahan bahar minyak (BBM). Pasalnya, kenaikan BBM akan berdampak pada kenaikan biaya transportasi dan jumlah sepeda motor di Jakarta semakin tinggi.

“Kenapa orang naik motor, padahal kendaraan itu mengakibatkan angka kecelakaan lalu lintas tinggi serta capek Tapi, sepeda motor saat ini menjadi kendaraan yang paling nyaman dan murah dibandingkan kendaraan umum,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar