Kamis, 18 Mei 2006

Jalur Busway di Daan Mogot Jakbar Makin Semrawut

Jalur Busway di Koridor III Kalideres-Harmoni terutama di Jalan Daan Mogot Jakarta Barat makin semrawut. Tak cuma motor saja yang melewati jalur Busway itu, bahkan mobil pribadi dan bus umum pun melenggang di jalur bus khusus itu.

Hampir setiap pagi hingga malam jalur Busway seakan menjadi langganan bagi motor-motor yang enggan masuk ke jalur reguler yang setiap hari harus mengalami kemacetan yang cukup panjang. Polisi dan petugas DLLAJ serta aparat Satpol PP DKI Jakarta tampak pasrah ketika belasan bahkan hingga puluhan motor melenggang bebas tanpa sanksi.

Peristiwa itu hampir dijumpai setiap hari terutama di pagi hari di saat jalur Daan Mogot selalu mengalami kemacetan. Kemacetan terutama mulai dari selepas traffic light Cengkareng hingga Jembatan Gantung yang menuju arah Grogol.

Petugas pun kerap kucing-kucingan dengan pengendara motor. Jika polisi terlihat berjaga di jalur Busway yang tidak dibangun separator, maka motor-motor pun enggan masuk jalur Busway. Namun ketika sudah melewati penjagaan polisi, maka motor-motor itupun diangkat oleh pengemudinya melewati separator untuk menghindari kemacetan. Aksi pengendara motor ini sesungguhnya sangat berbahaya, mengingat laju kendaraan Busway terkadang cukup kencang sehingga sangat mungkin pengendara itu tersambar bus TransJakarta.

Gara-gara ulah pengendara motor ini, pekan lalu pernah sebuah Busway harus mengerem mendadak sehingga membuat penumpang di dalamnya terdorong ke depan. Tentu saja, berbagai makian penumpang Busway diarahkan ke pengendara motor bebek itu. Hal ini juga terjadi di jalur sebaliknya yakni dari arah Green Garden menuju Cengkareng. Bahkan di jalur dekat traffic light Cengkareng menuju Kalideres sering sekali mobil pribadi, bahkan bus ataupun Metromini dan Kopaja melewati jalur Busway tanpa beban.

Satpol PP yang berjaga-jaga di sekitar jalur Busway pun kerap menjadi ajang cacian para pengendara motor itu ketika mereka menghalau para pengendara motor agar tak masuk jalur Busway. "Itulah mereka susah diatur, kadang-kadang lebih galak mereka daripada kami," kata Dadang, anggota Satpol PP ketika ditemui detikcom.

Selain keadaan lalulintas yang semrawut, di beberapa jalur Busway pun tampak tidak terawat lagi. Ada beberapa bagian separator Busway yang hilang tanpa ada upaya perbaikan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar