Kamis, 16 Oktober 2014

PT KCJ Pasang 960 TV Layar Lebar di Dalam KRL dan Stasiun

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) memasang 960 layar TV yang tersebar di dalam rangkaian kereta dan stasiun. Tujuannya agar penumpang bisa mengakses layanan informasi KRL secara real time.

"Kita mau memperkenalkan bagaimana KCJ menyampaikan info kepada penumpang. Ada layar monitor untuk memberi info sebanyak-banyaknya kepada penumpang," ujar Direktur PT KCJ Tri Handoyo di dalam rangkaian kereta menuju Stasiun Sudirman, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Layanan yang diberi nama Sistem Informasi Penumpang (SIP) ini akan menampilkan informasi terkait posisi KRL, informasi real time apabila terjadi hambatan di lintas KRL, imbauan tempat duduk prioritas, aturan keselamatan dan tata tertib. Selain informasi, televisi itu juga akan 0menampilkan berbagai pariwara dari mitra KCJ.

"Nanti ada tulisan Stasiun Sudirman itu kita ingin menginformasikan kepada penumpang stasiun berikutnya apa," lanjutnya.

Rencananya, televisi ini akan dipasang di 240 KRL dan 3 stasiun sampai Desember 2014. Dalam setiap kereta dipasang 4 layar yang tersebar di dua titik, sehingga nantinya totalnya mencapai 960 layar.

Televisi di dalam KRL akan memberi informasi mengenai rute KRL dan juga stasiun-stasiun yang akan dilewati. Sedangkan televisi yang dipasang di stasiun akan dilengkapi dengan infomasi mengenai jadwal dan informasi lewat Facebook dan juga twitter.

"1 Gerbong ada 4 TV dipasang bolak-balik. Material dari TV ini sangat baik untuk konsumsi kereta yang bergerak. Dirancang juga anti vandal jadi kalau kepukul atau apa masih bagus. Sengaja dirancang untuk KRL yang bergerak dan tahan goncangan," jelas Tri.

Sementara untuk televisi di stasiun, penumpang dapat mengaksesnya di Stasiun Cikini dan Stasiun Sudirman. Tak hanya sekadar melalui layar, SIP juga tersedia dalam platform Android dan Blackberry melalui aplikasi 'infoKRL'.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar