Kamis, 03 Juli 2014

Gerbang ERP Dipasang, Sebagian Jalan Sudirman Ditutup

Uji coba sistem Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar akan dilakukan pada pertengahan Juli mendatang. Fasilitas pendukung pun tengah dikerjakan, yakni pemasangan gerbang di depan Panin Bank Jalan Sudirman. Untuk menunjang pemasangan gerbang ERP, sebagian Jalan Sudirman akan ditutup.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Muhammad Akbar mengatakan, pembuatan gerbang ERP membutuhkan area yang cukup luas. Sehingga sebagian Jalan Sudirman harus ditutup. Pihaknya pun telah menyiapkan pengalihan arus bekerjasama dengan Polda Metro Jaya.

Agar tidak menambah kemacetan, pekerjaan pembuatan gerbang ERP pun akan dilakukan malam hari, yakni dari pukul 24.00-04.30 WIB. Pekerjaan tahap satu akan dilakukan pada 3-4 Juni. "Nanti malam akan dilakukan pekerjaan Erection Vertical  Gantry & Instalasi Horizontal Gantry, istilah singaktnya gerbang ERP," kata Akbar, Kamis (3/7).

Selama pekerjaan akan dilakukan penutupan lajur lambat di Jalan Sudirman sisi barat (arah Semanggi) mulai dari Bundaran Senayan atau Patung Pemuda. Arus lalu lintas yang  melintas lajur lambat akan dialihkan melalui lajur cepat.

Kemudian pekerjaan tahap kedua dilakukan pada tanggal 5-6 Juli, yakni pengaturan dan penyesuaian perangkat. Saat pekerjaan tersebut akan dilakukan penutupan lajur lambat Jalan Sudirman sisi barat (arah Semanggi) mulai dari Bundaran Senayan atau Patung Pemuda. Arus lalu lintas yang melintas lajur lambat akan dialihkan melalui lajur cepat.

Dia mengimbau para pengguna jalan dan angkutan umum agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan. "Diharapkan juga dapat mematuhi rambu–rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar