Kamis, 22 Mei 2014

Transjakarta Rambah Bekasi, Sopir Angkot Ancam Demo

Saat ini, transjakarta belum beroperasi sampai Bekasi dan baru sampai Ujung Menteng. Apabila sudah mencapai Bekasi, maka sopir angkutan umum di kawasan itu khawatir pendapatan mereka akan semakin menurun.

"Sekarang, dari pagi sampai malam saya cuma dapat 120 ribu. Sedangkan harus setor 160 ribu. Malah sudah sore begini penumpang makin sepi dan baru dapat 35 ribu, gimana ada transjakarta nanti?" ujar Frans, salah satu sopir angkot di Medan Satria, Kamis (22/5/2014).

Menurut Frans, kondisi ini juga diprotes oleh sopir angkot lainnya. Mereka menganggap transjakarta telah merebut rutenya.

Hal senada juga diucapkan oleh Soleh, sopir angkot bernomor 31 tujuan Pulogadung-Taman Harapan Baru. Soleh mengancam akan berunjuk rasa apabila transjakarta rute baru tersebut tetap beroperasi.

"Pokoknya saya dan teman-teman akan demo. Soalnya sudah jelas memakan jalur kami. Mau makan apa anak istri di rumah?" ujar Soleh.

Padahal, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Sopandi Budiman sebelumnya pernah mengatakan, beroperasinya transjakarta rute ini tidak akan merugikan angkutan lama. Menurut Sopandi, penumpang dapat memilih angkutan umum sesuai dengan kebutuhan.

Penumpang dapat memilih angkutan umum lama apabila ingin bepergian dengan jarak dekat. Penumpang juga dapat memilih transjakarta untuk perjalanan yang cukup jauh.

"Kalau penumpang menginginkan rute jarak dekat kan masih bisa pakai angkutan umum. Transjakarta kan hanya berhenti di spot tertentu, untuk itu angkutan lama tidak akan dihapus," ujar Sopandi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar