Minggu, 03 November 2013

Razia Terobos Busway, Polisi Sita 1.309 SIM

Polisi juga menilang angkutan umum yang masuk jalur bus TransJakarta.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sedang gencar-gencarnya melakukan sterilisasi jalur bus TransJakarta. Dari razia sejak 30 Oktober hingga 2 November 2013 Polisi menyita sebanyak 1.309 lembar Surat Izin Mengemudi (SIM) dan 633 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Hindarsono meyebutkan, dari razia yang dilakukan selama empat hari itu tercatat sebanyak 1.672 kendaraan yang menerobos jalur bus TransJakarta. Kata dia, pelanggaran didominasi oleh pengendara sepeda motor.

"Selama 4 hari penertiban di jalur busway itu mencapai 1.055 sepeda motor yang kami tilang. Untuk kendaraan pribadi ada 431 unit," kata Hindarsono, Minggu 3 November 2013.

Selain sepeda motor dan kendaraan pribadi, Hindarsomo menuturkan, angkutan umum yang menerobos jalur bus TransJakarta pun turut ditilang. Kata dia, selama empat hari itu, terjadi 135 kasus pelanggaran yang dilakukan oleh kendaraan pengangkut penumpang dan kendaraan beban sebanyak 51 kasus.

"Dalam penertiban itu, petugas kami menilang barang bukti berupa 1.309 lembar Surat Izin Mengemudi dan 633 lembar Surat Tanda Nomor Kendaraan," katanya.

Hindarsono menambahkan,  penertiban itu dilakukan, sebagai upaya sosialisasi  akan diberlakukannya denda tilang maksimal Rp500 ribu untuk sepeda motor dan Rp1 juta bagi kendaraan roda empat yang menerobos jalur bus TransJakarta.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar