Selasa, 20 Agustus 2013

KJC Berlakukan Tarif Harian Berjamin untuk KRL

PT Keretaapi Commuter Jabodetabek (KCJ) mengganti kartu single trip (KST) dengan tiket harian berjamin (THB) lantaran banyak yang hilang dan mulai diberlakukan pada tanggal 22 Agustus 2013 mendatang.

Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo mengatakan, selama penerapan kartu single trip sejak diberlakukannya sistem electronic ticketing ribuan tiket KRL sekali jalan itu banyak hilang.

"Ada sekitar 800 ribu tiket kartu single trip yang hilang, ini jadi fokus penting evaluasi kami akan mengganti dengan tiket harian berjamin," jelasnya di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Ia menjelaskan, selain terus melakukan penertiban dan penguatan pengamanan di stasiun, pihaknya juga akan menerapkan sistem uang jaminan sebesar Rp5000, pada tiket sekali jalan tersebut.

"Kartu Single Trip untuk satu kali perjalanan akan diganti menjadi Tiket Harian Berjaminan (THB) yang digunakan untuk satu kali perjalanan pada hari pembelian," ujar dia.

Tri melanjutkan, pada prinsipnya untuk mendapatkan THB seluruh penumpang tetap harus ke loket setiap akan menaiki kereta api. Namun dengan THB, ada dua biaya yang harus dibayarkan yakni harga tarif perjalanan kereta dan uang jaminan sebesar Rp5000.

"Uang jaminan tersebut tidak hilang atau hangus selama pengguna mengembalikan tiketnya (melakukan Refund) atau pembelian rute perjalanan berikutnya, atau perjalanan baru di loket Stasiun sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya.

Menurut dia, pada THB jika tidak dikembalikan pada hari yang sama maka penumpang akan diberi masa tenggang selama 7 hari setelah hari pembelian terakhir, namun jika melewati masa 7 hari tersebut maka uang jaminan pada tiket hangus dan tidak dapat digunakan lagi untuk pembelian rute perjalanan berikutnya.

"Lalu, uang jaminan pada tiket harian berjaminan juga akan hangus jika penumpang tidak melakukan tapping out pada perangkat E-Ticketing di gate out (keluar tidak melalui pintu resmi)," tandasnya.

Di samping itu, tata cara penggunaan Tiket Harian Berjaminan di Gate out (Stasiun tujuan) juga berbeda dengan Kartu Single Trip. Saat ini, di Stasiun tujuan kartu single trip harus dimasukkan pada Card Slot di Gate out, namun pada Tiket Harian Berjaminan di Stasiun tujuan penumpang hanya cukup melakukan tapping kembali pada perangkat gate out.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar