Per 17 Agustus ini,
Transjakarta akan memberlakukan sistem Tap Out, dimana semua pelanggan selain
tapping saat memasuki halte, kini juga diwajibkan melakukan tap (tapping)
sebelum keluar dari halte tujuan Anda.
Berikut adalah
Frequently Asked Question (FAQ) berkaitan dengan sistem Tap Out ini:
Mengapa saya
sekarang tidak bisa langsung keluar dari halte?
Karena per tanggal 17
Agustus 2016, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sudah mulai
memberlakukan sistem Tap Out dimulai
di koridor 1 dan akan diterapkan di koridor lainnya pada waktu
dekat.
Mengapa mulai
sekarang saya harus Tap Out sebelum
keluar dari halte?
Karena dengan
dilakukannya sistem Tap Out,
maka pelanggan sudah membantu Transjakarta mendapatkan data mengenai
lokasi tujuan pelanggan. Data ini akan digunakan untuk memperbaiki rute
dan pelayanan dengan lebih maksimal sesuai dengan kebutuhan dari pengguna setia
Transjakarta.
Sejak kapankah
sistem Tap – Out ini berlaku?
Sistem Tap Out ini
berlaku mulai tanggal 17 Agustus di koridor 1 dan selanjutnya akan
diimplementasikan ke seluruh koridor transjakarta. Penerapan tap out di koridor
2 akan dimulai tanggal 9 September 2016.
Apakah saldo pada
kartu saya akan terpotong dua kali karena melakukan Tap In dan Tap Out?
Tidak, pemotongan
saldo pada kartu pelanggan hanya akan terjadi satu kali.
Apakah nantinya
sistem Tap Out akan berlaku
untuk seluruh koridor?
Ya, sistem Tap Out nantinya akan diberlakukan di
seluruh koridor BRT maupun non-BRT.
Bagaimana jika saya
transit dari Non-BRT ke koridor 1 atau 2?
Untuk saat ini, Anda
cukup menunjukkan bukti transaksi yang Anda peroleh dari petugas kami di
kendaraan non-BRT kepada petugas yang berada di gate out (pintu keluar).
Bagaimana jika saya
transit dari koridor lain ke koridor 1 atau 2?
Anda perlu melakukan Tap
Out dengan menggunakan kartu e-ticketing Anda di halte tujuan akhir Anda, bukan
saat transit.
Apa yang terjadi
jika saya tidak melakukan Tap Out?
Jika Anda tidak
melakukan Tap Out, maka kartu
Anda tidak dapat melakukan Tap In untuk
perjalanan selanjutnya. Sehingga sebelum memulai perjalanan selanjutnya, Anda
perlu me-reset kartu anda pada mesin BCT atau menghubungi petugas kami di
lapangan.
Bagaimana jika saya
melakukan perjalanan dari Koridor 1 atau 2 dan melanjutkan perjalanan dengan
bus non-BRT atau melakukan transit ke koridor lain?
Untuk saat ini, hal
tersebut tidak menjadi masalah, Anda dapat langsung keluar dari halte tanpa
melakukan Tap Out sampai
pemberitahuan lebih lanjut.
Bagaimana jika saya
melakukan Tap In dengan
menggunakan kartu orang lain?
Untuk saat ini, hal
tersebut tidak menjadi masalah, Anda dapat melakukan Tap Out degan
menggunakan kartu orang tersebut. Namun ke depannya, seluruh pelanggan
Transjakarta diwajibkan untuk memiliki minimal 1 kartu e-ticketing per
orangnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar