Kamis, 21 April 2016

Bus Transjakarta Khusus Wanita Layani Koridor 1

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan bus Transjakarta khusus wanita. Tahap awal hanya ada dua unit yang akan melayani koridor 1 rute Blok M-Kota. Hingga Mei mendatang akan ditambah menjadi 10 unit bus.

"Ini akan ada 10 bus. Pertama ada dua unit dulu yang diluncurkan," kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/4).

Basuki mengatakan, delapan bus sisanya secara bertahap akan diluncurkan hingga Mei mendatang. Sehingga ke depan diharapkan bus tersebut bisa melayani penumpang setiap 30 menit. "Kami harapkan di koridor 1 tiap 30 menit kalau sterilnya betul-betul, akan ada bus seperti ini melintas," ujarnya.

Untuk koridor lainnya, akan dilakukan secara bertahap juga. Basuki mengatakan pemilihan koridor 1, karena merupakan koridor yang paling steril. Terlebih penumpang wanita di koridor ini cukup banyak.

Basuki berharap dengan adanya bus ini  bisa memberikan kenyamanan kepada penumpang. Karena ada beberapa kaum wanita yang merasa risih jika berhimpitan dengan pria di dalam bus. Bahkan, semua awak bus mulai dari pramudi dan petugas onboard adalah wanita.

"Di kota besar ini ada wanita yang agak risih, kalau berhimpitan dengan pria. Kalau dari sisi agama bukan, muhrim. Bus ini tentu, kami harapkan bisa membuat nyaman." tandasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar