Selasa, 15 Juli 2014

MRT Ganti Dua Halte Busway

Dua halte busway pengganti bakal dibangun PT MRT Jakarta di Jalan Sisimangaraja, Jakarta Selatan. Menyusul dimulainya pengerjaan pengupasan jalur hijau dilokasi tersebut sebagai kelanjutan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT).

Kedua pekerjaan ini akan dimulai pada 16 Juli hingga 15 September 2014. Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, M Nasyir mengatakan pembangunan dua halte bus Transjakarta pengganti, lanjutnya, akan menggunakan sebagian lebar jalur pejalan kaki (pedestrian/trotoar). Halte yang akan di bangun adalay halte sisi timur, tepatnya di depan Al-Azhar dan halte sisi barat, tepatnya di ujung Jalan Hang Tuah III.

Adapun untuk pengerjaan pengupasan jalur hijau mencakup kegiatan relokasi dan penanaman kembali pohon. Pekerjaan ini akan dilakukan median samping sisi Timur dan Barat. Rencana pengupasan median di samping sisi Timur dan Barat serta perkerasan dengan agregat dan aspal akan dilakukan setiap 100 meter.
“Pekerjaan pengupasan dan perkerasan median samping dari sisi Timur atau dari arah Taman Mataram menuju Jalan Trunojoyo akan dikerjakan mulai 16 Juli. Dilanjutkan dengan sisi barat, dari arah Jalan Trunojoyo menuju Taman Mataram akan dimulai pada tanggal 18 Agustus,” kata Nasyir, Selasa (15/7).

Terkait pengerjaan ini, Nasyir mengungkapkan ada tiga tahapan pengerjaan pengupasan jalur hijau dan pembangunan dua halte di area Jalan Sisingamangaraja. Yakni, tahapan pertama dilakukan pada 16 Juli – 18 Agustus 2014, akan dilakukan pengupasan median samping, perkerasan dengan agregat dan aspal di sisi Timur (dari Taman Mataram – Jl. Trunojoyo).

Untuk pelaksanaan pengerjaan ini, dilakukan pengaturan lalu lintas yaitu jalur lambat sisi Timur akan ditutup pada malam hari mulai pukul 23.00 hingga 04.00. dari arah utara ada empat lajut ditambah satu lajur busway. Dari arah selatan akan ada dua lajur ditambah satu jalur busway. Pada siang hari, lalu lintas dikembalikan seperti semula. Yaitu, arus lalu lintas dari arah Utara dan arah Selatan masing-masing 4 lajur + 1 lajur busway.

Tahapan kedua, pada 18 Agustus – 10 September 2014, dilakukan pengupasan median samping, perkerasan dengan agregat dan aspal di sisi Barat (dari Jl. Trunojoyo – Taman Mataram). “Arus lalu lintas akan diatur sama dengan tahapan yang pertama,” ujarnya.

Selanjutnya, tahapan ketiga pada 10 Agustus – 15 September 2014, pihaknya akan melakukan pembangunan Halte Busway Sementara. Pekerjaan pemasangan konstruksi besi pada sisi Barat di Jl. Hang Tuah III, dan sisi Timur di depan Masjid Al-Azhar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar