Senin, 14 Juli 2014

Ajaib, Jakarta Tak Masuk Daftar 10 Kota Termacet di Dunia

Bagi Anda yang tinggal di kota Jakarta, antrean kendaraan mengular pastinya bukanlah pemandangan baru. Anehnya, dalam sebuah survei tahunan yang dilakukan TomTom, Jakarta justru 'aman' dari kategori kota termacet di dunia. Loh?

Menurut penyedia layanan navigasi yang berbasis di Amsterdam ini, seluruh pengendara rata-rata menghabiskan delapan jam setiap tahun guna menghadapi kemacetan. TomTom menemukan, kepadatan kendaraan bukan hanya terjadi di jalan utama, tapi juga di jalan-jalan kecil. Demikian disadur dari Forbes, Senin (14/7/2014).

Menurut TomTom, tingkat kemacetan terparah terjadi di Kota Moskow, Rusia, dengan traffic index sebesar 74 persen. Angka ini didasarkan pada perbandingan waktu perjalanan ketika kondisi jalanan lancar dan jam sibuk.

Lebih jauh, laporan tahunan itu juga mengemukakan bahwa para pengemudi di Kota Moskow turut mengalami keterlambatan selama 76 menit untuk menempuh rute yang harusnya bisa dicapai dalam satu jam.

"Anggapan lama atas solusi penambahan ruas jalan dan pelebaran jalan, kini sudah tak terbukti lagi mengatasi kemacetan," ujar CEO TomTom, Harold Goddijn.

Ia menyarakan, para pengendara baiknya memilih rute perjalanan berdasarkan kondisi lalu lintas. Tak hanya itu, pengendara pun disarankan memberikan informasi kemacetan terbaru guna menanggulangi kepadatan lalu lintas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar