Selasa, 08 April 2014

Jakarta Macet: U-Turn Ujung Fly Over Tanah Abang-Kampung Melayu Biang Padat

Salah satu biang macet yang mewarnai lalu lintas di Jakarta adalah putaran di ujung fly over Kampung Melayu menuju Tanah Abang.

Sebagai bukti, pada Selasa (8/4/2014) pukul 19.00 WIB, fly over Kampung Melayu menuju Tanah Abang itu mengalami macet total. Namun, pada arah sebaliknya, dari Tanah Abang menuju Kampung Melayu lalu lintas malah cenderung kosong.

Menurut pantauan Bisnis, kemacetan terjadi akibat banyaknya kendaraan yang hendak berputar arah di U-Turn depan Mal City Walk yang terletak tepat di ujung fly over Tanah Abang-Kampung Melayu.

Baik kendaraan dari arah Tanah Abang maupun kendaraan dari arah Kampung Melayu seakan bertumpuk di situ.

Tidak hanya arus lalu lintas dari Kampung Melayu ke Tanah Abang yang terkena macet, namun, kendaraan dari arah Bendungan Hilir, yang terletak di bawah fly over, menuju ke Tanah Abang akhirnya juga terkena macet.

Akibat terdapat dua U-Turn di depan fly over tersebut, kendaraan yang ingin melintas langsung menuju Kampung Melayu ataupun Tanah Abang tidak dapat lewat karena harus mengikuti antrean panjang kendaraan yang melakukan putar balik.

Alhasil, arus kendaraan dari Kampung Melayu ke Tanah Abang sulit melewati titik kemacetan, begitu juga sebaliknya, kendaraan dari arah Tanah Abang menuju Kampung Melayu masih terhenti akibat U-Turn tepat di depan Mal City Walk.

Nampaknya pemerintah daerah DKI Jakarta harus segera melakukan traffic management guna menyelesaikan kemacetan ini, jika tidak, maka fly over yang baru diresmikan oleh Gubernur Joko Widodo pada 30 Desember 2013 itu tidak akan optimal manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar