Sabtu, 05 April 2014

Demi MRT, Jalan Thamrin Menyempit 4 Tahun, Ini Jalan Alternatifnya

Penutupan jalan karena pembangunan MRT.

Pembangunan sarana transportasi massal, Mass Rapid Transit (MRT), memasuki tahap penggalian stasiun yang dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat. Karena pembangunan itu diperkirakan akan menambah kemacetan di sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin, maka anggota polisi lalu lintas yang bertugas di jalan itu pun ditambah.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Sambodo Purnomo, mengatakan, apabila biasanya mulai dari kawasan Senayan hingga Bundaran HI itu di tempatkan sekitar 70 personel polisi lalu lintas. Namun ada pembangunan MRT itu maka jumlah polisi lalu lintas yang bertugas pun ditambah lagi sekitar 30 orang.

"Karena ada pembangunan MRT. Maka mulai dari Senayan hingga Bundaran HI maka anggota  akan kami tambah jadi 100 orang. Mereka akan di-plotting pada area yang akan dilakukan pembangunan," kata Sambodo.

Sambodo menjelaskan, di sekitar Bundaran HI itu akan terjadi penyempitan jalan akibat pembangunan MRT itu, maka warga Jakarta yang biasa melintas ke sekitar Jalan MH Thamrin dan jalan Sudirman pun disarankan untuk melalui beberapa jalan alternatif.

Kata Sambodo, untuk pergerakan dari Selatan ke Utara ( Senayan ke Monas) jalan yang disarankan sebagai alternatif di antaranya adalah dari sisi barat, Jalan Jenderal Sudirman - Jalan Karet Pasar Baru - Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Cideng Barat - Jalan Cideng Timur - Jalan Jatibaru - Jalan Abdul Muis - Jalan Maja Pahit

Kemudian dari sisi timur, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Galungguntg, Jalan Sultan Agungt, Jalan Madiun, Jalan Sunda Kelapa, Jalan Imam Bonjol, Jalan HOS Cokroaminoto - Jalan Sam Ratulangi - Jalan Cut Mutia - Jalan Menteng Raya - Jalan Ridwan Rais - Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Medan Merdeka Utara - Jalan Majapahit.

Pergerakan dari utara ke selatan (Monas ke Senayan) dari sisi barat, Jalan Majapahit - Jalan Medan Merdeka Barat - Jalan Budi Kemuliaan - Jalan Fachrudin - Jalan KH Mas Mansyur - Jalan Karet Pasar Baru - Jalan Galunggung - Jalan Jederal Sudirman

Kemudian untuk sisi timur, Jalan Majapahit - Jalan Medan Merdeka Barat - Jakan Medan Merdeka Selatan - Jalan Ridwan Rais - Jalan Prapatan - Jalan Menteng Raya - Jalan Cut Mutia - Jalan Sam Ratulangi - Jalan HOS Cokroaminoto - Jalan Galunggung - Jalan Jenderan Sudirman.

"Kemudian untuk malam hari dari pukul 22.00 hingga pukul 6.00 pagi akan ada 10-15 orang polisi lalu lintas juga yang berjaga," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar