Kamis, 02 Januari 2014

Daftar Halte Busway Jadi 'Korban' Pembangunan MRT

Ada 10 halte busway sepanjang Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Rencana pembangunan MRT Jakarta Fase 1 (Lebak Bulus – Bundaran HI) menyebabkan beberapa prasarana lalu lintas yang berada di lokasi area kerja proyek MRT terpaksa dipindahkan, termasuk 10 halte busway sepanjang Lebak Bulus hingga Bundaran HI

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono,  Kamis 2 Januari 2014, menuturkan bahwa pemindahan dan pembongkaran 10 halte Busway tersebut sudah diperhitungkan secara matang pihak Dishub DKI dan PT MRT Jakarta.

"Kami sudah atur semuanya sedemikian rupa, termasuk lalu lintasnya. Supaya satu sama lain tidak mengganggu," kata Pristono di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Berikut, 10 Halte busway yang akan direlokasi:

1. Halte Busway Bunderan Senayan Jalan Jenderal Sudirman 1 unit. Halte Busway Bunderan Senayan direlokasi secara mirror (dari sebelah utara menjadi ke arah selatan) dan usai konstruksi tetap pada kondisi pada saat konstruksi.

2. Halte Busway Polda Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Polda direlokasi secara mirror (dari lokasi di sebelah selatan menjadi ke arah utara) dan usai konstruksi tetap pada kondisi pada saat konstruksi.

3. Halte Busway Karet Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Karet dihilangkan sementara pada saat konstruksi, kemudian saat usai konstruksi dibangun kembali di lokasi semula.

4. Halte Busway Baru Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Baru yang berada di antara Halte Busway Karet dan Halte Busway Setiabudi, di mana usai konstruksi tetap seperti semula.

5. Halte Busway Setiabudi Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Setiabudi dihilangkan pada saat konstruksi, kemudian saat usai konstruksi dibangun kembali di lokasi semula dengan tiga pintu.

6. Halte Busway Tosari Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Tosari diperpanjang menjadi enam pintu untuk menampung permintaan (demand) Halte Busway Bunderan HI.

7. Halte Busway Bunderan HI Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Bunderan HI dihilangkan dan diganti dengan JPO baru pada saat konstruksi, kemudian saat usai konstruksi dibangun kembali ke lokasi semula dengan tiga pintu.

8. Halte Busway Sarinah Jalan Jenderal Sudirman 1 unit
Halte Busway Sarinah diperpanjang menjadi enam pintu untuk menampung demand Halte Busway Bunderan HI.

9. Halte Bus Reguler Karet Sisi Timur Jalan Jendral Sudirman 1 unit dihilangkan, setelah masa konstruksi akan dibangun kembali.

10. Halte Bus Reguler Karet Sisi Barat Jalan Jendral Sudirman 1 unit dihilangkan, setelah masa konstruksi akan dibangun kembali.

"Pengerjaan relokasi dan pemobongkaran 10 Halte Busway itu diperkirakan memakan waktu dua bulan," ujar Pristono.

Seperti diketahui, pembangunan MRT Jakarta Fase 1 (Lebak Bulus – Bundaran HI) dengan total panjang kurang lebih 15,70 kilometer, yang terbagi menjadi dua segmen.

Pertama, segmen melayang (elevated) sepanjang 9,80 km (Lebak Bulus s/d Sisingamangaraja), dengan tujuh stasiun. Kedua, segmen bawah tanah (underground) sepanjang 5,90 km (Sisingamangaraja sampai dengan Bundaran HI) dengan enam stasiun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar