Senin, 15 April 2013

Harapan Ahok: Aki-Aki & Nenek-Nenek Gratis Naik TransJakarta


Sebagai bentuk pelayanan kepada Warga Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI merencanakan memberikan layanan gratis bagi mereka yang sudah lanjut usia (lansia) saat naik Bus Transjakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, saat ini pihaknya sedang menghitung jumlah lansia dan berasal dari keluarga tidak mampu ibu kota.

"Kami ingin membuat para lansia ini bisa tidur dan duduk enak saat menggunakan Bus TransJakarta. Karena itu, kami mau buat naik Bus TransJakarta gratis bagi mereka yang sudah lansia dan punya KTP DKI seumur hidup," kata Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (15/4/2013).

Demi melancarkan renacana tersebut, mantan Bupati Belitung Timur itu akan menggandeng Bank DKI untuk membuatkan JakCard khusus dengan dilengkapi foto mereka di atas kartu, sehingga tidak bisa digunakan sembarangan oleh orang lain.

"Jadi lansia yang selama ini tidak nyaman tidurnya di angkutan umum, kita kasih nyaman naik bus Transjakarta. Supaya umurnya lebih panjang," terangnya.

Selain rencana pemberian akses gratis dalam menggunakan transportasi umum, lanjut Ahok, Pemprov DKI juga akan memperluas areal pemakaman di DKI Jakarta. Salah satu lokasi yang akan diperluas yaitu TPU Tegal Alur.

"Kami mau memperluas pemakaman Tegal Alur. Kami mau bantu sampai ke liang kubur. Jangan sampai ada warga lansia ketika mati, dibuang di tengah jalan. Ketika mereka meninggal, mereka harus meninggal dengan harga diri yang tinggi," imbuhnya.

Terkait dengan kesehatan lansia sendiri, Pemperov DKI juga menciptakan dokter keluarga yang akan melayani di pemukiman warga. "Sehingga dari janin, lahir sampai meninggal, kita penuhi otaknya, perutnya dan dompetnya. Maka Jakarta Baru segera terwujud," tegasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar