Selasa, 12 Februari 2013

Fasilitas Wifi di Halte Transjakarta Tak Berfungsi

Para penumpang atau pengguna bus Transjakarta, khususnya di koridor I (Blok M-Kota) mengeluhkan WiFi atau jaringan internet nirkabel yang kini tak bisa diakses di sejumlah halte bus Transjakarta koridor I. Bahkan, berdasarkan catatan Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta menyebutkan, dari 19 halte di koridor I yang dilengkapi fasilitas WiFi, 10 diantaranya kini tak bisa diakses. Padahal, fasilitas ini menjadi salah satu daya tarik sehingga bus Transjakarta semakin diminati.

Husain (40 tahun), salah seorang penumpang bus Transjakarta mengatakan, keberadaan fasilitas WiFi membuat dirinya menjadi lebih nyaman saat menunggu bus Transjakarta. Terlebih, kata Husain, setiap harinya, terutama di jam-jam sibuk volume penumpang bus Transjakarta cukup banyak. Untuk itu, dirinya kerap menggunakan fasilitas WiFi dalam mengakses internet sambil menunggu kedatangan bus Transjakarta.

"Di sejumlah halte, WiFi-nya sudah nggak berfungsi seperti di Monas, Benhil, Karet dan Dukuhatas. Dulu waktu masih berfungsi kita kalau pulang kerja bisa menunggu bus Transjakarta sambil internetan. Sekarang sudah nggak bisa lagi," keluh Husain.

Hal senada diiungkapkan Mitha (22), mahasiswi Universitas Atma Jaya. Ia mengatakan, saat awal Halte Bendungan Hilir dilengkapi WiFi, dirinya kerap berangkat lebih awal dari rumah dan menghabiskan waktu di halte tersebut untuk mengkases internet.

Meskipun kampusnya dilengkapi WiFi, namun menurutnya ada perbedaan saat menggunakan notebook dan HP di halte dengan di kampus. Jika di kampus tentunya lebih kepada browsing bersama dan privasinya kurang. Sementara di Halte lebih privat karena jarang ada yang mengenal dirinya. Dikattakannya, WiFi di Halte Benhil sudah tidak aktif sejak dua bulan lalu. "Saat masih ada WiFi saya sampai kenal beberapa petugas. Hanya duduk di lantai sudah bisa mengakses internet. Tapi sekarang sudah tak bisa lagi," tuturnya.

Menanggapi hal ini, Humas BLU Transjakarta, Sri Ulina membenarkan jika WiFi di sejumlah halte bus Transjakarta koridor I saat ini tak bisa diakses. "Fasilitas WiFi ada di koridor I dan IX. Untuk koridor I minimnya perawatan dan kurangnya personel menjadi kendala. Oleh karena itu di halte-halte yang terbilang besar fasilitas WiFi tetap di pertahankan seperti di Halte Harmoni dan Sarinah," katanya.

Ditambahkan Sri Ulina, berdasarkan pantauannya, di beberapa halte koridor I memang tidak begitu banyak yang menggunakan fasilitas WiFi gratis. Namun hal ini berbeda dengan Halte Harmoni yang merupakan halte transit dimana terdapat juga sebanyak 30 petugas yang stand by, mulai dari pengecekan armada, pengecekan halte dan tiket. Dengan demikian fasilitas WiFi tetap dipertahankan. "Memang 8 sampai 10 halte di koridor I sudah tidak aktif lagi WiFi-nya," tandasnya.
[ROL]

1 komentar:

  1. Kalau saya berharap penerangan seblum naik tangga dan halte2 kecil seblum naik tangga busway itu harus d perhatikan karna siap mau naik atau turun busway gelap

    BalasHapus