Rabu, 16 Juli 2014

Januari 2015, Transjakarta gunakan e-ticketing

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menerapkan pembayaran digital untuk setiap koridor mulai 1 Januari 2015 mendatang. Rencananya e-ticketing akan diterapkan dengan bekerja sama bersama enam bank.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, seluruh koridor bus Transjakarta akan menggunakan pembayaran elektronik. Pembelian e-ticketing tidak harus memiliki rekening enam bank yang melakukan kerja sama, Bank DKI, Bank Mandiri , BRI , BNI , BCA  dan Bank Mega .

"Nanti semuanya pakai e-ticketing pakai uang elektronik. Kita masih pakai kartunya bank. Uji coba nggak ada tiket kertas lagi. Nggak ada rekening juga nggak apa-apa. Beli pre-paidnya aja. Bank DKI, Mandiri, BRI , BNI , BCA , Bank Mega ," jelasnya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (16/7).

Dia menambahkan, e-ticketing menggunakan e-card yang akan dibuat oleh pihak bank. Kosasih mengungkapkan, kesulitan bukan pada sosialisasi penggunaan e-card, melainkan bagaimana masyarakat dapat melakukan isi ulang saldo secara mudah.

"Kalau semua bisa isi ulang di loketnya, mereka bisa pakai. Nanti kita bersama enam bank sediakan fasilitas isi ulang," jelasnya.

Dia mengharapkan, penerapan e-ticketing bisa dilakukan secara keseluruhan pada Agustus. Sebab pihaknya masih perlu mempersiapkan fasilitas isi ulang saldo, Top Up, terlebih dahulu. Setelah itu baru masyarakat dapat diarahkan untuk menggunakan e-card.

"Kita akan permudah, yang penting top up nya satu tempat satu orang. Permudah penumpang datang, dia bawa kartu apa, dia bisa top up di situ. Itu komitmen enam bank yang sudah ngomong sama kita.? Nanti kita bagi per koridor, koridor ini jual kartu bank ini. Dia tinggal top up aja di situ. 1 Januari semua koridor pasti pakai e-ticketing?," tutup Kosasih.

Dia menambahkan bank tidak akan mengambil keuntungan dari e-card, melainkan dari transaksinya. Sebab akan banyak transaksi yang dilakukan warga Jakarta. Kosasih mengungkapkan, e-card ini tidak akan memiliki masa kedaluwarsa dan dapat digunakan berkali-kali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar