Rabu, 04 Juni 2014

Pemprov berencana bangun bandara di kawasan Marunda

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memiliki rencana untuk membangun bandar udara (airport) di wilayah Jakarta Utara, tepatnya di Marunda.

"Dari awal, kita memang sudah punya rencana untuk membuat bandara di Jakarta Utara. Rencananya, kita mau bangun itu di kawasan Marunda," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, saat ini pihaknya telah memiliki rancangan sementara bandara tersebut yang didesain sedemikian rupa oleh PT Marindo Bahtera Development.

"Pembangunan bandara baru tersebut bertujuan untuk membantu mengurangi beban yang selama ini hanya menumpuk di Bandara Soekarno Hatta. Kita sudah ada rancangannya," ujar Basuki.

Dia menuturkan bandara yang berlokasi di Jakarta Utara itu akan dibangun sekaligus dikelola secara langsung oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kalau untuk nama bandaranya, kira-kira harus yang ada hubungannya atau identik dengan kawasan Marunda. Mungkin, namanya "Si Pitung" atau yang lain lah, nanti kita pikirkan lagi," katanya.

Selain bandara, dia mengungkapkan Pemprov DKI juga berencana membangun pelabuhan. Rencananya, pelabuhan itu nanti akan terletak di antara di kawasan Tanjung Priok dan Ancol.

"Pokoknya, seluruh rencana pembangunan itu akan kita lakukan di wilayah Jakarta Utara. Jadi, kita punya bandara dan pelabuhan sendiri," kata Basuki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar