Rabu, 25 Juni 2014

Pembangunan Koridor Transjakarta Blok M-Ciledug Dimulai Akhir 2014

Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta memastikan akan memulai pembangunan jalur transjakarta Koridor 13 (Blok M-Ciledug) akhir tahun ini. Proses lelang diperkirakan selesai sekitar September 2014.

Sebagian rute transjakarta Koridor 13 nantinya adalah jalur layang yang dibangun di atas jalan reguler.

"Kalau lelang selesai September, pelaksanaan pembangunannya paling Oktober atau November. Pembebasan lahannya bareng pembangunan jembatan yang akan dibangun di tengah-tengah dan di atas jalan," kata Kepala Bidang Jembatan Dinas PU Indriastuty, di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Indriastuty menjelaskan, jalur layang busway akan dibangun di atas Jalan Pierre Tendean dan Jalan Raya Ciledug. Kedua ruas jalan tersebut memiliki lebar yang relatif sempit sehingga tak memungkinkan apabila dibangun jalur busway seperti pada umumnya.

"Memang daerah itu sempit dan padat. Untuk menghindari kemacetan, nantinya pembangunan jalan layangnya akan menggunakan mesin existing sehingga tidak mengganggu lalu lintas yang ada di bawah," ujarnya.

Sejauh ini layanan transjakarta sudah melayani 12 koridor. Koridor 13 sendiri merupakan satu dari tiga koridor yang rencananya akan dibangun untuk melengkapi layanan yang mulai beroperasi sejak 2004 agar genap menjadi 15 koridor.

Adapun dua koridor lainnya yang rencananya juga akan dibangun adalah Koridor 14 (Manggarai-UI) dan Koridor 15 (Blok M-Kalimalang).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar