Jumat, 30 Mei 2014

Asyik, Mulai 1 Juni Transjakarta Beroperasi 24 Jam

Pelayanan bus Transjakarta akan terus ditingkatkan oleh Pemprov DKI. Pembenahan halte dilakukan dengan merubah desain halte menjadi lebih panjang, lebar, dan terbuka.

Salah satu halte yang telah dibangun dengan menerapkan disain yang baru ada di halte Karet 2. Terlihat halte lebih panjang dan lebar dibandingkan halte terdahulunya yaitu halte Karet 1.

Langkah ini dilakukan karena seringkali penumpang berdempet-dempetan saat menunggu bus Transjakarta di dalam halte.

Kepala Unit Pengelola (UP) Transjakarta Pargaulan Butar-Butar mengatakan pembenahan halte bus Transjakarta telah dilakukan sejak tahun 2013, yakni pada koridor II (Harmoni-Pulogadung) dan Koridor III (Kalideres-Harmoni).

“Untuk pembangunan Halte, kita sudah mulai sejak tahun lalu, Memang kita mau ubah seluruh halte bus Transjakarta menjadi lebih nyaman bagi penumpang,” kata Pargaulan saat dihubungi wartawan, Jumat (30/5/2014).

Ia menjelaskan, semua halte yang jumlahnya 220 buah akan diubah menjadi lebih luas pada 2015. Selain itu, Bus Transjakarta juga akan beroperasi 24 Jam.

Amari

Menurut Pargaulan, angkutan malam hari (amari) yang merupakan rekondisi Bus Koridor 1 (Blok M-Kota) berbahan bakar diesel akan mulai beroperasi pada Minggu (1/6/2014) malam.

Transjakarta rekondisi akan beroperasi mulai pukul 23.00-05.00. Pargaulan mengatakan, pihaknya telah mempersipakan sebanyak 18 unit transjakarta yang akan beroperasi sebagai amari.

Bus itu akan beroperasi di koridor I (Blok M-Kota), koridor III (Kalideres-Harmoni), dan koridor IX (Pluit-Pinangranti). Enam unit bus akan beroperasi di setiap koridor.

"Jadi jumlah bus nya tidak sebanyak siang hari, tiga koridor ini adalah yang terpadat, dan kita lihat sampai malam permintaannya tetap tinggi," katanya.

Sementara dua unit bus lainnya akan digunakan sebagai cadangan. Dishub DKI, kata dia, akan mengevaluasi untuk menerapkannya ke koridor lain yang memang permintaannya tinggi.

UP Transjakarta akan menerapkan sistem shift atau giliran kerja untuk petugas pengemudi, penjaga loket halte dan onboard. Harga tiket amari Busway ini tetap Rp 3.500.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar