Selasa, 25 Februari 2014

16 Bulan Menjabat, Jokowi Belum Juga Tambah Koridor Busway

Keseriusan Pemprov DKI mengatasi kemacetan ibukota kembali dipertanyakan. Pasalnya, setelah 16 bulan menjabat, Gubernur DKI Jakarta Joko WIdodo belum juga menambah Koridor Transjakarta menjadi 15 seperti yang direncanakan.

Menurut Pengamat Transportasi Darmaningtyas, seharusnya Jokowi fokus menyelesaikan 15 koridor Transjakarta yang direncanakan. "Tahun 2013 itu kan Jokowi tinggal meresmikan Koridor XII (Pluit-Tanjungpriok), tapi itu kan dibangun di era Gubernur sebelumnya, jadi sampai hari ini belum ada koridor Transjakarta baru yang dibangun pemerintahan Jokowi," ujar Direktur Institut Studi Transportasi (Instran) ini, Selasa (25/2/2014).

Menurut Darmaningtyas, Jokowi jangan hanya berkonsentrasi kepada hal-hal yang sulit dibangun, seperti Monorel dan MRT. Lebih mudah membangun koridor Transjakarta yang sudah direncanakan.
"Katanya sulit bangun Koridor Blok M-Ciledug karena harus elevated, atau jalur di atas, ya tunjukkan dong proggressnya, apa sudah ada desainnya atau belum, kok sudah mau dua tahun menjabat belum ada apa-apanya, belum ada tiangnya satu pun," ujar pria yang biasa disapa Tyas ini.

Tyas mengatakan, sepengetahuan dirinya, baru pada tahun 2014 ini Jokowi akan membangun Koridor Ciledug-Blok M. Namun menurutnya, semua harus segera direncanakan, sehingga pada 2016 atau 2017 sudah total 15 koridor Busway.

Seperti diketahui, tiga koridor yang masih menjadi pekerjaan rumah Gubernur Jokowi adalah Koridor XIII Ciledug-Blok M yang jalurnya melayang mulai dari depan kampus Universitas Budi Luhur hingga ke depan supermarket Alfa di Kebayoran Lama. Kemudian Koridor XIV Pondok Kelapa-Blok M melewati Jalan Kalimalang, MT Haryono, Gatot Subroto, Kapten Tandean, W Mongonsidi dan berakhir di Blok M.
Koridor ini akan terhubung dengan koridor X (Tanjungpriok- Cililitan), Koridor VII (Kampungrambutan- Kampungmelayu), Koridor IX (Pinangranti-Pluit), Koridor VI (Ragunan- Dukuhatas), dan Koridor I (Blok M- Kota).

Koridor terakhir adalah Koridor XV yakni Manggarai-UI yang juga akan dibangun elevated dan terhubung dengan rencana ruas tol dalam Kota Pasar Minggu-Kampung Melayu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar