Kamis, 30 Januari 2014

30 Bus Gandeng Transjakarta Resmi Beroperasi

Gubernur Jakarta Joko Widodo meresmikan beroperasinya 30 bus gandeng atau articulated Transjakarta, Kamis (30/1/2014) siang.

Peresmian dilaksanakan di Selter Pinang Ranti, Makasar, Jakarta Timur. "Bus baru ini akan dioperasikan di Koridor IX Pinang Ranti-Pluit," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono melalui pesan singkatnya pada pagi ini.

Saat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memiliki lebih dari 500 transjakarta. Namun, yang beroperasi hanya 400-an unit. Sisanya dicadangkan atau dalam proses perbaikan.

Penambahan bus pun terus dilakukan. Melalui APBD 2013, Pemprov DKI menambah 310 transjakarta. Sebanyak 60 bus di antaranya telah beroperasi. Adapun 30 bus pertama beroperasi di dua koridor, yakni Koridor II ekspres Pulogadung-Senayan dan Koridor III, yakni ekspres Kalideres-Harmoni-Bundaran Senayan.

Adapun 30 bus selanjutnya beroperasi di Koridor VIII ekspres Ancol-PGC dan Koridor III Lebak Bulus-Harmoni.

Saat ini waktu kedatangan bus satu dengan bus setelahnya (headaway) di selter yakni 7 hingga 15 menit. Jokowi menargetkan bahwa penambahan bus memangkas headaway menjadi 5 menit saja.

Mengutip data dari Institute Transportation Development Policy (ITDP), untuk bisa memiliki waktu headaway yang dimaui Jokowi, idealnya PT Transjakarta harus menambah 1.200 bus lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar