Senin, 30 Desember 2013

TransJakarta Jadi BUMD Jokowi Siap Seleksi Direksi Baru

"Kami akan mulai Januari nanti."

DPRD DKI Jakarta hari ini mengesahkan peraturan daerah perubahan Badan Layanan Umum TransJakarta menjadi Badan Usaha Milik Daerah.
Dalam Perda BUMD TransJakarta itu diatur tentang pendirian PT TransJakarta, dengan penyertaan modal dasar sebesar Rp5,2 triliun, serta struktur organisasinya.

"Kami siap melakukan pembentukan manajemen baru. Kami akan fit and proper test untuk manajeman TransJakarta. Kami akan mulai Januari nanti," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Balai Kota Jakarta, Senin 30 Desember 2013.

Jokowi mengatakan bahwa pendaftaran manajemen TransJakarta yang baru akan dilakukan secara terbuka. Tidak seperti kebanyakan BUMD yang ada, manajemen TransJakarta tidak akan mengandalkan pensiunan PNS di lingkungan pemerintah daerah.

Sebagai BUMD baru, TransJakarta harus dikelola oleh orang-orang profesional. "Makanya syarat yang akan daftar jadi direksi TransJakarta minimal pengalaman di manajeman perhubungan darat gitu dong," ujar mantan Wali Kota Solo ini.

Sementara itu ,Kepala BLU Transjakarta, Pargaulan Butarbutar mengaku telah membuka lowongan bagi sopir TransJakarta yang baru. "Hingga hari ini sudah ada 180 pelamar," ujarnya.

Untuk dapat bergabung dalam BUMD yang baru saja diresmikan ini, para sopir harus menjalani serangkaian seleksi, di antaranya tes pengetahuan umum serta tes kesehatan fisik.

"Jumlah sopir yang kami butuhkan itu sesuai dengan jumlah bus yang datang. Yang jelas kami butuh cukup banyak," kata Pargaulan.

Pemprov DKI Jakarta mendatangkan 656 bus yang terdiri dari 310 bus TransJakarta dan sisanya bus sedang. Saat ini, jumlah bus yang datang baru 86 unit. Sisanya akan terus berdatangan hingga akhir Desember 2013.

Mengenai gaji ia memastikan sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP) 2014. Ini ditambah dengan tambahan sejumlah insentif. "Fokus kami ini untuk mengoptimalkan bus TransJakarta sebagai alat transportasi yang nyaman dan aman bagi warga," ucap dia.

Pengumuman untuk 180 pelamar pertama akan dilakukan pada pertengahan Januari 2014. Untuk gelombang selanjutnya, lowongan akan dibuka setelah pengumuman tahap pertama selesai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar