Senin, 23 Desember 2013

Bus TransJakarta belum Bebas PPN

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyambut kedatangan armada bus TransJakarta lagi di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Bus ini disebutkan belum bebas pajak pertambahan nilai (PPN) meski Kementerian Keuangan sudah memastikan dukungan penghapusan pajak untuk transportasi umum.

Jokowi, panggilan akrab sang gubernur, mengeluhkan hal tersebut ketika menghampiri kantor Menko Perekonomian menjemput Hatta sebelum kemudian bersama-sama ke pelabuhan. "Belum (bebas PPN). Tanya ke sana dong (Kemenkeu)," ujarnya pada wartawan, Senin (23/12).

Bus impor dari China tersebut diminta untuk tidak kena PPN sama sekali. Jokowi meminta perlakuan tersebut setelah pemerintah pusat menghapus PPN dan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) untuk mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC). "Wong LCGC saja nul masak kami enggak boleh nul?" ungkap Jokowi.

Sejauh ini sudah ada 96 armada baru bus TransJakarta yang datang. Rencananya, akan ada tambahan sekitar 400 armada baru. Bus-bus ini akan digunakan untuk menambah armada di koridor busway yang padat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar