Rabu, 08 Januari 2014

Awal Februari, 346 Bus Sedang Beroperasi di Jalur "Busway"

Pada awal Februari mendatang, warga Jakarta dapat menikmati angkutan umum yang lebih ramah lingkungan, nyaman dan aman. Angkutan umum tersebut berupa Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB).

Sebanyak 346 BKTB atau bus sedang baru akan beroperasi melayani warga menggantikan kopaja yang sudah tidak layak jalan lagi.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan BKTB ini akan menjadi feeder bagi bus Transjakarta sehingga bus sedang ini akan beroperasi di jalur khusus busway.

“BKTB ini menggantikan kopaja yang sudah tidak beroperasi lagi pada sejumlah rute. Bus-bus ini akan menghidupkan kembali rute yang sudah tidak dilewati kopaja lagi. Sama seperti Kopaja AC, BKTB diperbolehkan melintas di jalur busway,” kata Pristono, Rabu (8/1).

Ratusan bus tersebut, lanjutnya, akan melayani warga dari domisili mereka ke sejumlah rute yang dilalui oleh bus Transjakarta. Dengan begitu, warga bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan bus Transjakarta. Terintegrasinya layanan transportasi ini akan membuat warga tidak lagi menikmati kemacetan di jalan.

Menurutnya, bus-bus baru tersebut sudah tiba di Jakarta. Saat ini sedang dalam proses penyelesaian administrasi. Bus baru itu tegas dia, belum bisa dioperasikan seluruhnya karena Dinas Perhubungan harus merekrut sopir BKTB. Lalu memberikan pelatihan bagi mereka agar dapat mengemudikan BKTB di jalur bus Transjakarta. “BKTB akan dioperasikan secara bertahap,” ujarnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar