Rabu, 20 November 2013

Jalur Busway Akan Dibuka untuk Bus Wisata

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan pemerintah DKI akan memberi izin kepada penyedia jasa pariwisata dalam negeri sehingga bisa menjalankan bus pariwisatanya di atas jalur busway. "Biar turis nyaman jalan-jalan di Jakarta bebas dari macet," kata Ahok, sapaan akrab Basuki, saat ditemui di Balai Kota Jakarta pada Rabu, 20 November 2013.

Ahok menambahkan, bus wisatawan yang akan melintasi jalur busway tersebut tidak akan berhenti di halte-halte Transjakarta. "Karena mereka tidak untuk menurunkan penumpang," kata Ahok.

Selain bus wisatawan, Ahok mengatakan, nantinya bus umum dan ambulans juga akan diberikan izin untuk melintasi jalur busway. "Supaya penggunaan jalur yang kemarin dibilang kosong jadi efektif," kata Ahok. Adapun bus umum yang nantinya diperbolehkan melintasi jalur busway, menurut Ahok, harus menyediakan pintu yang tinggi agar penumpang bisa naik melalui halte bus Transjakarta. "Nanti ada penyesuaian marka jalan juga," kata Ahok.

Nantinya, dia melanjutkan, moda transportasi Transjakarta akan semakin efisien dengan kedatangan bus baru pada akhir tahun ini. "Nanti semakin terasa bedanya setelah bus baru datang," kata Ahok.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah gencar mengupayakan penyelesaian masalah kemacetan di Ibu Kota. Salah satunya, sterilisasi jalur busway yang digencarkan agar masyarakat mau beralih ke transportasi umum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar