Minggu, 02 Oktober 2011

Separator Busway Akan Ditinggikan Jadi Setengah Meter

Pemerintah Provinsi DKI berencana meninggikan separator busway agar tak banyak lagi sepeda motor, bus, ataupun kendaraan lain yang memotong masuk ke jalur ini. Peninggian dipilih ketimbang ide menerapkan sistem contra flow yang pernah muncul untuk tujuan sterilisasi busway.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan separator baru berbentuk Baby MCB (Moveable Concrete Barrier) terbuat dari beton setinggi 50 sentimeter dan lebar 15 sentimeter (cm). Separator itu akan menggantikan model lama yang hanya setinggi 20 cm. "Sudah dikaji secara estetika juga tidak mengganggu," kata Pristono, Ahad, 2 Oktober 2011.

Untuk menyediakan separator baru tersebut, saat ini sudah disetujui anggaran Rp 80-85 miliar dalam draf Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2012. Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Bernhard Hutajulu, mengatakan bahwa sesungguhnya dibutuhkan Rp 160 miliar untuk 'memagari' total 10 koridor yang ada saat ini.

"Masih dicoba lagi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Mudah-mudahan total dana yang dibutuhkan disetujui," kata Bernhard.

Selain mengalahkan ide contra flow, peninggian separator juga dipilih ketimbang pembuatan pagar bertali kawat. Teknik yang terakhir ini dilihat di Istanbul, Turki.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar