Kamis, 06 Januari 2005

DKI Akan Bangun Harmoni Central Busway


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun Harmoni Central Busway. Halte yang menjadi pusat kedatangan dan keberangkatan bus jalur khusus tersebut berdiri di atas Kali Moolenvelt.

Halte itu menjadi titik temu tiga koridor busway, yaitu koridor I (Blok M-Kota), koridor II (Pulogadung–Harmoni) dan koridor III (Harmoni–Kalideres). Ukuran halte 5 x 78 meter, 10 kali lebih besar dari halte busway yang sudah ada.

Fasilitas HCB akan dilengkapi tiga buah pintu pada sisi kanan dan sisi kiri. PT Arkonin, konsultan yang ditunjuk Dinas Perhubungan DKI, Nurjaman, mengatakan dana yang dibutuhkan sekitar Rp 29 miliar. "Halte ini memiliki kapasitas besar yaitu 400-500 orang," papar Nurjaman di Balai Kota Jakarta, Kamis (6/1).

Dana di atas juga dialokasikan untuk membangun dua putaran U (U turn) busway dan double track (dua jalur) sepanjang 340 meter pada dua sisi. Diharapkan, dengan jalur ini kemacetan ditiga koridor tidak terjadi.

Nurjaman yakin, meskipun terjadi pelebaran di sekitar sungai. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rustam Effendi menambahkan, proyek ini akan dimulai Maret 2005, dan diperkirakan rampung 6 bulan kemudian.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar